istilah pada hosting

Glosarium Hosting: Panduan Lengkap Istilah Pada Hosting

Dalam perjalanan melangkah lebih dalam ke dunia hosting, tidak hanya jenis hosting yang perlu dipahami, tetapi juga sejumlah istilah dan sumber daya kunci yang memainkan peran penting dalam performa suatu situs web. Mari kita temukan makna di balik istilah-istilah pada hosting seperti bandwidth, uptime, dan yang lainnya, sehingga lo bisa dengan lebih baik memahami dan mengelola kebutuhan hosting situs web lo!

Istilah pada hosting

Istilah Jenis Hosting

  1. Shared Hosting: Shared Hosting adalah tipe hosting di mana beberapa situs web berbagi sumber daya dari satu server.
  2. VPS Hosting: VPS (Virtual Private Server) Hosting melibatkan pembagian server fisik menjadi beberapa server virtual yang beroperasi secara independen.
  3. Dedicated Hosting: Dedicated Hosting memberikan akses penuh ke satu server fisik tanpa berbagi dengan situs web lain.
  4. Cloud Hosting: Cloud Hosting menggunakan multiple server yang bekerja bersama untuk menyediakan sumber daya hosting, memberikan skalabilitas dan keandalan.
  5. Managed WordPress Hosting: Managed WordPress Hosting dirancang khusus untuk mengoptimalkan performa situs web berbasis WordPress.

Istilah Hosting Umum

  1. Bandwidth: Bandwidth mengacu pada jumlah data yang dapat ditransfer antara situs web dan pengunjungnya dalam satu periode waktu tertentu.
  2. Uptime: Uptime adalah persentase waktu di mana situs web aktif dan dapat diakses oleh pengunjung.
  3. Server: Server adalah komputer khusus yang menyimpan data dan menyediakan layanan kepada situs web dan pengunjungnya.
  4. Sumber Daya Server: Sumber daya server mencakup CPU, RAM, dan penyimpanan yang tersedia untuk situs web pada suatu server.
  5. cPanel: cPanel adalah panel kontrol yang memudahkan pengguna untuk mengelola berbagai aspek situs web mereka.
  6. CPU (Central Processing Unit): CPU adalah otak dari server atau komputer, bertanggung jawab untuk mengeksekusi perintah dan tugas pemrosesan data.
  7. RAM (Random Access Memory): RAM adalah jenis memori yang digunakan untuk menyimpan data yang sedang digunakan dan dapat diakses dengan cepat oleh server atau komputer.
  8. CDN (Content Delivery Network): CDN adalah jaringan server tersebar yang dirancang untuk mengirimkan konten situs web dengan lebih cepat ke pengunjung dari berbagai lokasi geografis.
  9. Domain Name: Domain Name (Nama Domain) adalah alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu situs web di internet.
  10. DNS (Domain Name System): DNS adalah sistem yang mengonversi nama domain menjadi alamat IP yang dapat dimengerti oleh komputer.
  11. SSL (Secure Sockets Layer): SSL adalah protokol keamanan yang menyediakan enkripsi data antara server dan browser, meningkatkan keamanan dalam pengiriman informasi.
  12. Backup: Backup adalah salinan cadangan dari data situs web yang disimpan untuk mengatasi kehilangan data akibat kegagalan sistem atau kejadian tak terduga lainnya.

Istilah Hosting Teknis

  1. Softaculous: Softaculous adalah aplikasi yang menyediakan berbagai skrip dan aplikasi web yang dapat diinstal dengan mudah melalui panel kontrol hosting.
  2. FTP (File Transfer Protocol): FTP adalah protokol yang digunakan untuk mentransfer file antara komputer dan server melalui internet.
  3. Database: Database adalah penyimpanan terstruktur yang digunakan untuk menyimpan dan mengelola data yang diperlukan oleh situs web.
  4. Firewall: Firewall adalah sistem keamanan yang digunakan untuk memantau dan mengontrol lalu lintas data yang masuk dan keluar dari server, melindungi situs web dari ancaman keamanan.
  5. SSH (Secure Shell): SSH adalah protokol keamanan yang digunakan untuk mengakses server secara aman melalui jaringan yang tidak aman.
  6. File Manager: File Manager adalah alat dalam panel kontrol hosting yang memungkinkan pengguna untuk mengelola file dan folder situs web mereka.
  7. Addon Domain: Addon Domain adalah domain tambahan yang dapat dihosting pada akun hosting yang sama, memungkinkan pengguna mengelola beberapa situs web dari satu akun.
  8. Subdomain: Subdomain adalah bagian dari domain utama yang dapat berdiri sendiri sebagai situs web terpisah, memiliki alamat uniknya sendiri.
  9. Email Hosting: Email Hosting adalah layanan hosting yang khusus dirancang untuk menyediakan alamat email berbasis domain bagi pengguna.
  10. Root Access: Root Access memberikan tingkat akses tertinggi ke server, memungkinkan pengguna untuk mengelola dan mengonfigurasi server sesuai kebutuhan mereka.
  11. Malware: Malware adalah perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk merusak atau merusak sistem komputer dan data.
  12. Plugin: Plugin adalah tambahan perangkat lunak yang dapat diintegrasikan dengan aplikasi atau platform tertentu untuk menambahkan fungsionalitas tambahan.
  13. Load Balancing: Load Balancing adalah teknik distribusi beban kerja di antara beberapa server untuk meningkatkan kinerja dan keandalan.